Pengertian ekonomi
Prof. P.A samuelson: suatu studi tentang bagaimana orang2 & masyarakat membuat pilihan dgn/tanpa uang ,dgn menggunakan sumber2 daya yang terbatas tp tdk dpt dipergunakan dlm berbagai jenis barang & jasa dan mendistribusikannya utk keperluan konsumsi sekarang & dimasa yang akan datang kepada berbagai orang & golongan masyarakat .
Sadono sukirno (1990,H3): menganalisa biaya & keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber daya alam & manusia
Mankiw: studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber 2 daya yang slalu terbatas/langka
Manfaat mempelajari ilmu ekonomi:
1. Membantu memahami wujud prilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik
2. Lebih memahami /lihai dalam perekonomian bagi yg mempelajarinya
3. Memberikan pemahaman atas potensi & keterbatasan kebijakan ekonomi
Ilmu ekonomi terbagi 2
1. ilmu ekonomi makro, analisanya biaya /manfaat permintaan & penawaran elastisitas,model
Pasar,teori harga , teori produksi.
2. Ilmu ekonomi mikro, pendapatan nasional, neraca pembayaran,kesempatan kerja, inflasi,investasi dll.
Masalah2 ekonomi;
1. Barang apakah yang akandiproduksi & berapa banyaknya
2. Bagaimana caranya barang tsb diproduksi
3. Untik siapa barang diproduksi.
System perekonomian ; system pasar bebas(adam smith), system komando(karl max), system campuran
Prinsip ekonomi adalah patokan prilaku pelaku ekonomi dalam perekonomian yang mengarahkannya bertindak & berkesesuaian dgn yg diharapkan oleh pelaku ekonomi tsb dalam mengamil keputusan
Gregory mankiw membagi 10 prinsip ekonomi dalam 3 bagian
I. 4 prinsip yg melandasi keputusan individu:
1. melakukan trade off yaitu melakukan konsumsi/ produksiberdasarkan pengurangan secara berarti konsumsi & produksi satu barang utk menambah konsumsi/produksi barang lainnya
2. biaya2 apa yang dikorbankan utk mendapatkan sesuatu
3. rasional yaiyu bersikap secara bertahap
bereaksi secara insentif
II. 3 prinsip interaksi;
1. perdagangan harus menguntungkan semua pihak
2. pasar merupakan wahana yang baik untuk mengorganisasikan kegiatan
3. pemerintah adakalanya memperbaiki hasil dari mekanisme pasar
III. 3 cara bekerja perekonomian makro;
1. standard hidup suatu Negara tergantung kemampuannya memproduksi barang/jasa
2. harga umumnya meningkat jika pemerintah mencetak uang terlalu banyak
3. masyarakat menghadapi trade off jangka pendek antara inflasi dam pengangguran
element utama dalam ilmu ekonomi:
1. incentive matter
2. there is no such thing as a free lunch
3. voluntary exchange promotes economic progress
4. transaction costs are an obstacle to exchange; reducing this obstacle will help promote economic progress
5. increase in real income are dependent upon increases in real output
6. the four sources of income growth; inprovement in worker skills, capital formation, technological advancement, better economic organization
7. income is compensation derived from the provision of services to others ,people earn income by helping others
8. profits direct businesses toward activities that increase wealth
9. the invisible hand principle- market price bring personal self –interest and the general welfare into harmony
10. ignoring secondary effects and long term consequences is the most common source of error in economics
Permintaan yerbagi menjadi 2 kelompok
1.permintaan fungsional; yaitu kelompok konsumen yg meminta barang krn fungsinya /berdaya guna
2. permintaan non fungsional; yaitu permintaan yang tak direncanakan ,tidak rasional karena gengsi/pamer
Pengertian permintaan Adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dgn tingkat harga tertentu,tingkat pendapatan tertentu,dan dalam periode tertentu .
Factor yang mempengaruhi permintaan:
1.harga barang yg dimaksud
2.tingkst pendapatan/penda[patan rata2
3.jumlah penduduk /populasi
4.selera/gengsi
5.ramalan dimasa yg akan dating
6. harga barang lain /substitusi
7.distribusi
Hukum permintaan (Alfred marshall)= bila harga suatu barang naik maka permintaan barang tersebut akan menurun dan sebaliknya dengan asumsi ceretis paribus
Teori determinasi permintaan= perbandingan lurus antara permintaan trhadap harganya, yaitu apabila permintaan naik maka harga relative akan naik dan sebaliknya
Pengertian Penawaran adalah banyaknya barang yang akan ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu,periode tertentu,dan tingkat harga tertentu
Factor yg mempengaruhi penawaran;
1. harga barang itu sendiri
2. harga barang lain/harga bahan baku
3. kebijakan pemerintah,
4. Anggaran /dana
5. Daya konsumsi masyarakat
6. Ongkos & biaya produksi
7. Tujuan produksi dari perusahaa
8. Tekhnologi yang digunakan
Hukum penawaran(Alfred marshall)
Perbandingan lurus antara harga barang thdp jumlah barang yangditawarkan,yaitu apabilaharga naik maka penawaran akan meningkat sebaliknya asumsinya ceteris paribus
Hokum penawaran & permintaan = huum ekonomi
Yaitu bila harga tinggi,permintaan rendah & penawaran tinggi
Harga rendah, permintaan tinggi & penawaran rendah
Permintaan tinggi, harga naik dan penawaran rendah maka harga naik
Permintaan rendah maka harga turun, penawaran tinggi maka harga rendah
Keseimbangan antara permintaan dan penawaran adalah kesepakatan harga antara penjual dan konsumen yang didahului oleh tarik menarik diman apenjual inginkan harga yg setinggi2nya dan konsumen mengharapkan harga yg tdak merugikannya
Elastisitas permintaan adalah derajat (satuan angka) kepekaan dari permintaan suatu barang terhadap perubahan harga barang yg dimaksud atau ratio antara persentase perubahan permintaan terhadap persentase perubahan harga.
Jenis elstisitas ada 3
1.Ed=1 (uniter elastis), harga naik/turun 1%, maka permintaan akan turun /naik sebanyak 1% juga
2.Ed>1 (elastic), bila harga naik/turun sebesar 1%, maka permintaan akan naik/turun lebih dari1%
3.Ed < 0 (inelastis sempurna) bila permintaan tidak tanggap thdp perubahan harga jadi berapa saj a
harga dipasar jumlah yg diminta tetap.
Factor yang mempengaruhi elastisitas permintaan (Ed)
1. Adanya barang substitusi
2. Persentase pendapatan yg digunakan /jenis barang
3. Jangka waktu analisa/perkiraan atau pengetahuan konsumen
4. Tersedianya fasilitas/sarana kredit
Manfaat mengetahui nilai Ed
1.kebijakan impor
2. perpajakan
3.kebijakan strategi penetapan harga atas barang
Elastisitas pendapatan thdp permintaan
Bila pendapatan berubah permintaan tidak serta merta berubah missal permintaan tidak turun meski harga naik jika pendapatan naik pada saat harga naik
Ilmu ekonomi makro ialah ilmu yang menghususkan mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan.
7an ilmu ekonomi makro untuk memahami peristiwa/fenomena ekonomi dan untuk memperbaiki kebijakan ekonomi.
Masalah dalam ekonomi makro terbagi menjadi 2 yaitu;
1.masalah jangka pendek(stabilisasi) yg berhubungan menyetir perekonomian dari periode ke
periode brikutnyadalam jangka pendek(bulan/tahun) agar terhindar dr inflasi,pengangguran,
& ketimpangan neraca pembayaran
2.masalah jangka panjang(masalah pertumbuhan) menyetir perekonomian agar tetap dlm kondisi
serasi antara pertumbuhan jmlh pduduk,kapasitas produksi dana investasi
7an pembangunan ekonomi makro;
1.tinhgkat kesempatan kerja yg tinggi
2.kapasitas produksi nasional yg tinggi
3.tinggakt pendapatan nasional & pertumbuhan ekonomi yg tinggi
Empat materi ekonomi makro terpenting:
1.jangka panjang, kapasitas Negara u memproduksi barang & jasa menentukan standar hidup
Penduduknya
2.jangka pendek, permintaan agregat mempengaruhi jumlah barang & jasa yg diproduksi Negara
3.jangka panjang, pertumbuhan jumlah uang akan mempengaruhi inflasi akan tetapi tidak
mempengaruhi pengangguran
4.jangka pendek, pembuat kebijakan fiscal dan moneter menghadapi tradeoff antara inflasi dan
pengangguran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar